Berkolaborasi dengan Sekolah.mu, YPSIM Menjadi Tuan Rumah 20 Siswa Magang


Selama lebih kurang tiga bulan dari tanggal 27 Januari 2023 hingga 27 Maret 2023, Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) menerima 20 siswa magang yang difasilitasi oleh Sekolah.mu (https://www.sekolah.mu/). Kedua puluh siswa tersebut berasal dari Sekolah Murid Merdeka (satu orang), Sekolah Cikal Setu (dua orang), Sekolah Cikal Amri Setu (satu orang), Sekolah Cikal Lebak Bulus (sepuluh orang), dan Sekolah Cikal Serpong (enam orang). 

Program magang dilaksanakan secara daring, satu hingga dua sesi setiap minggu. Pada pertemuan pertama, para peserta diperkenalkan dengan visi, nilai, serta program pendidikan dan sosial Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda. Pada minggu berikutnya, para peserta mendapatkan pembekalan mengenai inklusivitas, privilege, dan marjinalisasi. Kedua sesi tersebut difasilitasi oleh Irfan L. Sarhindi selaku Direktur Program dan Sumber Daya, tim Monitoring, Evaluasi, Pengembangan, dan Sinergi (MEPS) YPSIM. 



Pada minggu ketiga, giliran Amanda Kartikasari, Direktur Marketing, Communication, & Fundraising tim Monitoring, Evaluasi, Pengembangan, dan Sinergi (MEPS) YPSIM, yang memfasilitasi pembekalan dengan topik content marketing. Pada sesi ini, peserta dilatih untuk mengembangkan konten atau tulisan dengan mengeksplorasi area inovasi sosial yang dilakukan oleh YPSIM seperti pendidikan berkualitas, keberagaman, chatbot bineka, program anak asuh, dan keberlanjutan. 

Di minggu keempat, peserta berkenalan dengan Chatbot Bineka 2.0 yang dikembangkan oleh YPSIM berkolaborasi dengan ai4impact dan Podcastren dan didanai oleh Indika Foundation. Dari hasil refleksi, muncul testimoni-testimoni yang menarik. Misalnya, Ilma Matahari Iman yang ‘berjalan-jalan’ ke teras agama Kristen Protestan di dalam chatbot, menyebut bahwa ia baru tahu ihwal beberapa nama Tuhan dan beberapa jenis gereja melalui chatbot bineka. Ada juga Tiara Aurelia Surojo yang ‘berjalan-jalan’ ke teras agama Katolik dan jadi tahu mengenai perbedaan mendasar Katolik dan Kristen Protestan melalui chatbot bineka. 

Pada minggu kelima, para peserta diperkenalkan dengan salah satu program unggulan YPSIM, yaitu Program Anak Asuh Berantai dan Bersifat Silang. Sesi tersebut difasilitasi oleh Sahayu Surbakti, selaku koordinator program. Di minggu yang sama, pada hari Jumat, para peserta bertemu secara virtual dengan Dorothy Ferary, Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Alumni, Universitas Satya Terra Bhinneka. Bersama Dorothy, para peserta diajak mengeksplorasi suka duka berkarier sebagai dosen di dalam dan luar negeri. 

Sebagai sesi pembekalan terakhir, para peserta kembali bertemu secara virtual dengan Amanda Kartikasari, yang memfasilitasi pembekalan mengenai content distribution. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi Amanda sebelumnya, dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan para siswa yang berminat di bidang content creation. 

Acara kelulusan dilaksanakan pada Senin, 27 Maret 2023, di mana para peserta mengisi post-test, memberikan feedback dan tetimoni. Mewakili YPSIM, Irfan L. Sarhindi merekap seluruh sesi dan mendukung para siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat apapun jurusan dan tempat berkuliah yang akan dipilih. Dari perwakilan peserta, YPSIM mendapatkan input pada bagaimana sesi magang ini memberi mereka tambahan wawasan mengenai kemungkinan karier dan kemungkinan berkontribusi bagi masyarakat.

Posting Komentar

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates