Profil SD Sultan Iskandar Muda

      

VISI : Menjadi sekolah unggulan dalam IPTEK dan IMTAQ serta membangun keberagaman dalam bermasyarakat.

Dalam mewujudkan visi tersebut SD Sultan Iskandar Muda menawarkan pendidikan seutuhnya dimana bukan kecerdasan intelektual saja yang diprioritaskan tetapi segenap keluarga besar SD SIM selalu berusaha menanamkan nilai – nilai kebersamaan dalam konsep multikultural, dengan menyeimbangkan kecerdasan emotional dan kecerdasan spiritual dalam membangun akhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Untuk mewujudkan hal itu ,kerjasama dari masyarakat khususnya orang tua siswa dalam mewujudkan apa yang orang tua dan guru harapkan terhadap peserta didik. Pendidikan dasar merupakan pondasi awal bagi peserta didik khususnya kelas I SD dalam meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka dalam hal “ Calistung “ ( membaca, menulis dan berhitung ).

Selain kemampuan di atas sikap disiplin dan penuh tanggung jawab peserta didik terhadap segala sesuatu baik yang telah dilaksanakan dan belum dilaksanakan menjadi prioritas kami dalam mendidik sehingga pada akhirnya menjadi peserta didik yang mandiri serta bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan. Pendidikan berkualitas harus bersinergi dengan pendidikan dari keluarga dan masyarakat . Menurut Ki Hajar Dewantara lingkungan pendidikan meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan organisasi pemuda, yang ia sebut dengan Tri Pusat Pendidikan.

Tenaga pendidik di SD Sultan Iskandar Muda secara keseluruhan berasal dari lulusan Sarjana di bidangnya masing – masing dan hampir 50 persen telah mendapatkan Sertifikat Pendidik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional . Khusus di tingkat kelas I ( satu ) selain dibimbing oleh guru bidang studi peserta didik juga dibimbing oleh guru pendamping ( asisten guru yang berada di dalam kelas. Lingkungan belajar dikondisikan seperti pada saat mereka berada di Taman Kanak – kanak tetapi kita mulai mengarahkan mereka untuk lebih mandiri lagi dalam hal menyelesaikan segala tugas dan kewajiban selayaknya siswa Sekolah Dasar. Di samping itu pendidikan moral dan etika tetap menjadi prioritas utama kami selain meningkatkan kemampuan intelektual.

Selain membekali peserta didik dalam pengetahuan kami juga memberikan kesempatan kepada peserta didikdalam mengasah bakat dan kemampuan di bidang non akademik dengan memberikan fasilitas kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang diberikan ada 17 kegiatan berupa : Mewarnai, Menggambar, Vokal / Paduan Suara, Biola, Tari Tradisional, Modern Dance, Futsal, Basket, Wushu, Pramuka, Renang, Dokter kecil, Club Bahasa Inggris, Club Bahasa Mandarin, Club IPA, Club Matematika, TPA / PA / Dharma Kelas. Selain kegiatan ekstrakurikuler juga diberikan tambahan pembelajaran intrakurikuler berupa penguasaan teknologi berbasis TIK, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan Sempoa.
Copyright © :: YPSIM ::.
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates