Pesona Pendidikan 2023 Yang Mempesona

Kegiatan Pesona Pendidikan ke-11 tahun 2023 Sekolah Sultan Iskandar Muda yang berlangsung Jumat 13 Januari 2023, telah meninggalkan berbagai kesan pengunjung. Seorang siswa SMP Swasta yang terletak di sekitar Simpang Pasar Melati mengaku terkesan melihat berbagai karya lukisan digital yang dipamerkan. Tak hanya itu, siswa tersebut juga mengaku sangat terkesan melihat keberadaan gedung sekolah Sultan Iskandar Muda.

"Cucu saya sekarang kelas 3 SMP. Dia senang desain grafis karena itu saat lulus nanti ia ingin mendaftar ke SMK Sultan Iskandar Muda", tutur Lance Burger saat dihubungi, Rabu (18/3). Kepala SMK Sultan Iskandar Muda, Imelda Sihite, tak mengelak jika stan yang memamerkan karya-karya lukisan dengan menggunakan peralatan melukis digital telah banyak menyedot perhatian pengunjung.

"Namun pengunjung juga tertarik melihat berbagai perangkat teknologi Multi media yang kita pamerkan," katanya. Berstatus sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMK Sultan Iskandar Muda memang telah memiliki berbagai fasilitas teknologi untuk mendukung proses praktik pembelajaran siswa jurusan Desain Komunikasi Visual. Stan TK yang memamerkan aneka miniatur dan lukisan dan menjaja aneka kuliner mulai bakso, sate, dimsum, donat, kebab, es krim dan es lemon juga banyak menarik perhatian pengunjung.

Kelas Percobaan

Tapi ada hal lain yang membuat Kepala TK Sultan Iskandar Muda, Yus Cinta Miati tersenyum semringah: "Kami juga berhasil menjaring beberapa pengunjung untuk menyertakan anak mereka masuk ke kelas percobaan, atau trial class," ujar Yus Cinta Miati. Bahkan menurutnya, ada 4 calon orang tua yang langsung membayar uang sekolah secara tunai.

"Kalau yang tanya-tanya sangat banyak, kita akan tindaklanjuti," katanya. Untuk kelas percobaan Gelombang Pertama akan diadakan tanggal 13 Februari - 24 Februari, dan Gelombang ke-2 tanggal 27 Februari - 10 Maret.

Ketua Panitia Pelaksana, Edy Jitro Sihombing, M.Pd., menyebut secara keseluruhan kegiatan Pesona Pendidikan berlangsung lancar dan sukses. Salah satu indikatornya bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang menghadiri acara tersebut.

Dihadiri 6000-an Pengunjung

Menurut Edy Jitro ada tak kurang 6.050 pengunjung yang membanjiri stan. Mereka adalah siswa-siswi, guru dan orang tua siswa dari Sultan Iskandar Muda dan para tamu undangan dari sekolah di sekitar Kecamatan Medan Sunggal yang mengikuti berbagai lomba yang digelar setiap unit. Tentu saja stan yang juga diserbu pengunjung adalah yang menjaja aneka kuliner.

"Stan paling banyak diminati adalah yang jual minuman dengan kreasi tertentu semisal elite coklat Jam setengah satu, stan ini sudah habis," ujar Erisda Sinurat. Kegiatan Pesona Pendidikan dibuka oleh Ketua Dewan Pembina, dr. Sofyan Tan, ditandai dengan pemukulan gondang oleh dr. Sofyan Tan bersama Ketua YP Sultan Iskandar Muda Finche, SE, M.Psi, Anggota Dewan Pembina, Felix Harjatanaya, B.Sc., M.Sc, dan Pimpinan Sekolah, Edy Jitro Sihombing, M.Pd.

Disela kegiatannya mengunjungi beberapa stan yang ada, Finche Kosmanto, mengatakan bahwa kegiatan Pesona Pendidikan sudah rutin diadakan setiap tahun oleh Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda.

Ramah Lingkungan

"Namun kegiatan kali ini lebih spesial karena merupakan gabungan karya siswa mulai unit TK, SD, SMP, SMA hingga SMK. Keistimewaan lain, kegiatan kali ini juga sudah lahir Universitas Satya Tera Bhineka yang memiliki standar tersendiri," katanya.

Menurut Finche Kosmanto, aneka makanan yang ada dalam bazar dijual oleh siswa. Hal ini adalah bagian dari media pembelajaran siswa untuk mempraktikkan pelajaran kewirausahaan yang diterima siswa di kelas. Finche juga menegaskan bahwa 90 persen pembungkus makanan bazar tidak memakai plastik. Artinya dijamin ramah lingkungan.(ja).






Post a Comment

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates