Ribuan Peserta Didik & Orang Tua YPSIM Divaksin


Sebanyak 2000 lebih siswa Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) Medan menerima vaksin dosis pertama, Kamis (09/09/2021).

Selain siswa, pihak sekolah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Medan juga melakukan vaksinasi kepada orangtua siswa.

Hal itu disampaikan Ketua YPSIM, Finche Koesmanto kepada wartawan saat gelaran vaksinasi massal di sekolah, Kamis (9/9). Acara vaksinasi dilakukan selama dua hari hingga tanggal 10 September 2021.

“Dalam gelaran vaksin ini kita siapkan 3000 dosis vaksin bagi siswa yang berusia di atas 12 tahun ke atas. Dari 3000 jumlah dosis vaksin itu, 2000 lebih merupakan siswa. Sementara sisanya kita berikan kepada orangtua siswa,” sebut Finche.

Ada sepuluh faskes yang terlibat dalam vaksinasi tersebut. Untuk jenis vaksin yang diberikan kepada siswa yakni vaksin jenis sinovac.

Finche juga menjelaskan bahwa dalam program vaksinasi ini, pihak yayasan mewajibkan dalam artian bukan memaksa.

“Jadi sebelum vaksinasi massal ini digelar, terlebih dahulu kita buat webinar mengundang siswa dan orangtua. Kita undang dokter untuk membicarakan kupas tuntas soal vaksin Covid-19 tersebut. Termasuk efek sampingnya pada anak,” imbuhnya sembari melanjutkan sebelumnya pihak sekolah sudah melakukan vaksin kepada guru-guru.

Setelah divaksin, Finche berharap dapat terbentuk herd imunity siswa. Terpenting lagi para siswa dan guru nantinya harus tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin.

Lebih jauh Finche juga menjelaskan bahwa saat proses vaksinasi berlangsung banyak Nomor Induk Kependudukan (NIK) siswa yang tidak terdata. Dan hasilnya mereka batal divaksin.

“Seharusnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bisa memperhatikan ini. Butuh 3 kali 24 jam untuk mengecek NIK mereka lagi agar terdata. Jadinya mereka batal divaksin. Lebih dari sepuluh siswa yang bermasalah di NIK,” sebutnya.

Posting Komentar

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates