Pelepasan Siswa XII YPSIM Penuh Haru


SMA Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) menggelar pelepasan siswa-siswi kelas XII, Sabtu (13/4). Sebanyak 216 siswa-siswi kelas XII dilepas oleh Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan untuk dikembalikan kepada orang tua wali murid.

Mengusung tema "Menjadi Generasi Yang Berdaya Saing dan Mencintai Keberagaman"prosesi pelepasan siswa-siswi yang digelar di Gedung MICC,Jalan Gagak Hitam Medan  itu berjalan lancar dan penuh rasa haru. Tak jarang siswa, orang tua wali murid dan guru SMA YPSIM yang mengahadiri pelepasan atau perpisahan itu menggambarkan raut wajah sedih dan terharu.

Betapa tidak, rasa kebersamaan selama tiga tahun menjadi keluarga besar SMA YPSIM  tanpa terasa telah berakhir. Suasana haru semakin terasa ketika prosesi penyematan kalung alumni SMA YPSIM oleh Pimpinan Sekolah Edy Jitro Sihombing MPd,  yang dibalut salam perpisahan dengan para guru.

Selain dihadiri orang tua wali murid, dewan guru dan karyawan SMA YPSIM, pelepasan siswa-siswi kelas XII juga dihadiri Ketua YPSIM, Finche SE MPsi, Sekretaris Yayasan J Anto. Untuk memeriahkan prosesi pelepasan itu, keluarga besar SMA YPSIM menampilkan parade tarian Bhinneka Tunggal Ika yang menggambarkan keberagaman etnis dan budaya di Tanah Air dan hiburan lainnya.

dr Sofyan Tan dalam sambutannya mengimbau para alumni YPSIM jika telah meraih kesuksesan dan berhasil di luar sana, baik itu telah menjadi pejabat, politikus, pengusaha sukses dan lainnya agar ikut serta membantu orang-orang miskin untuk bisa menikmati pendidikan tanpa membeda-beda suku, ras, agama dan latar belakang seseorang.

"Ini imbalan yang saya minta kepada para alumni jika sudah meraih kesuksesan di luar sana. Mari kita bantu orang miskin untuk menikmati pendidikan tanpa ada diskriminasi.Bantulah orang-orang berdasarkan penderitaannya.Bisakah anak-anak??,"tanya Sofyan Tan yang dijawab secara serentak oleh siswa dengan kata bisa. 

Sofyan Tan mennambahkan, tahun ini YPSIM telah menambah sejumlah fasilitas sekolah seperti Auditorium Bung Karno dan kolam renang sebagai hadiah pelepasan bagi para siswa SMA kelas XII.

"Tidak banyak sekolah dengan level seperti kita memberi kesempatan untuk semua golongan, suku dan tingkat sosial ekonomi berbeda bisa menikmati  fasilitas lengkap seperti yang dimiliki sekolah kita.Jika ada sekolah lebih lengkap atau setara dengan YPSIM tapi harga uang sekolahnya sangat mahal,"ungkap Sofyan Tan yang juga Anggota DPR RI ini.

Sementara itu, Edy Jitro Sihombing MPd menyatakan, kegiatan pelepasan digelar cukup meriah  dilakukan untuk memberi motivasi kepada anak didik yang akan menyelesaikan studinya.Jika dilihat secara sesungguhnya, perkembangan siswa SMA YPSIM dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan

"Tahun depan akan ada pelepasan sebanyak 280 orang, tahun ini kita melepas 216 siswa.Alumni kita sudah mencapai 3.471 orang,"ungkap Edy Jitro.

Edy Jitro juga berpesan untuk para alumni agar meraih keberhasilan di luar sana dengan menerapkan rumus gairah, visi, aksi dalam meraih kesuksesan.

"Motivasi harus ada, tapi tidak cukup makanya harus ada visi dan cita-cita, pandangan jauh ke depan.Tapi semua tidak akan berjalan jika tidak ada aksi.Jika ketiga hal ini dilakukan dengan sugguh-sungguh mudah-mudahan anak didik kami bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,"tutupnya.

Edy Jitro juga mengingatkan para alumni  selalu mengecamkan pendidikan multikultural yang diberikan YPSIM selama ini untuk diterapkan secara terus menerus di dalam kehidupan sebagai seorang nasionalis sejati.

"Seorang nasionalis sejati selalu mencintai keberagaman, kamu ditempa dan dididik di sini  tanpa ada perbedaan, maka kamu juga harus mencintai keberagaman itu," tandas Edy Jitro.(Siong)

Usai memberikan selempang kepada siswa sebagai tanda pelepasan, Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan, Ketua YPSIM, Finche SE dan  Pimpinan Sekolah Edy Jitro Sihombing MPd secara simbolis diabadikan dengan dua siswa kelas XII, di Gedung MICC,Jalan Gagak Hitam Medan, Sabtu, (13/4).

Posting Komentar

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates