Sunday, August 25, 2019

Kemeriahan HUT Ke-32, YPSIM Gelar Berbagai Kegiatan

Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan bersama istri Elinar didampingi Ketua Yayasan Finche SE dan Pimpinan Sekolah, Edy Jitro melakukan pemotongan nasi tumpeng pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 YPSIM, Minggu (25/8)

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) menggelar berbagai kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 sekolah tersebut, Minggu (25/8). 

Berbagai kegiatan seperti jalan santai melintasi sejumlah ruas jalan, pemberian penghargaan kepada guru, penyerahan SK Anak Asuh, donor darah hingga undian lucky draw menyediakan satu unit motor matik digelar di halaman sekolah, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Medan Sunggal.

Kegiatan perayaan tersebut dikemas secara apik, ditandai pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan bersama istri Elinar didampingi Ketua Yayasan Finche SE dan Pimpinan Sekolah, Edy Jitro. 

Sofyan Tan mengatakan, sejak awal berdirinya sekolah tahun 1987 telah menunjukan perkembangan sangat pesat bagaimana sekolah telah  melahirkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal di Tanah Air khususnya di Kota Medan.

"Sekolah ini lahir bukan hanya membantu meningkatkan SDM, tapi juga memberi kesempatan kepada warga kurang beruntung secara ekonomi untuk menikmati pendidikan,"kata Sofyan Tan saat memberi sambutan di hadapan ribuan siswa dan orang tua yang turut menghadiri kegiatan tersebut.

Pendidikan yang baik itu sebut Sofyan, bukan hanya menguasai ilmu dan teknologi, namun harus memiliki jiwa toleransi tinggi terhadap sesama tanpa memandang ras, suku, agama dn latar belakang seseorang sebagaimana berdirinya sekolah berdasarkan ideologi negara Pancasila dan UUD 1945.

"Selama 32 tahun, YPSIM menerapkan hal ini, pertumbuhan siswa juga sangat signifikan, dari 171 siswa dengan 17 orang anak asuh pada awal berdirinya sekolah, kini jumlah siswa kita pada tahun 2019 mencapai 3.220 orang dengan anak asuh mencapai 4.300 orang,"ungkap Sofyan Tan.

Untuk program anak asuh dan beasiswa lainnya, lanjut Sofyan, pihaknya selama 32 tahun telah menggelontorkan dana sekira Rp25,4 miliar. Sedangkan subsidi bagi program anak asuh dan beasiswa Perguruan Tinggi (PT) serta pengurangan uang sekolah bagi siswa pada tahun  2019-2020 mencapai Rp4,4 miliar.

"Jadi cukup besar dana telah digelontorkan sekolah untuk membiayai sejumlah program pendidikan bagi para siswa YPSIM, ini sungguh luarbiasa, apalagi pada tahun ini siswa kita lulusan SMA dan SMK banyak menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 92 orang. Dari 92 orang ini, yang mengikuti program anak asuh sebanyak 21 orang,"papar Sofyan Tan.

Sedangkan bagi siswa/i yang tidak lolos PTN, imbuh Sofyan, pihaknya juga membantu siswa melalui program beasiswa kuliah gratis di sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di Kota Medan. 

"Untuk siswa yang melanjutkan kuliah gratis  jumlahnya mencapai 24 orang. Bagi yang dari keluarga kurang mampu tahun ini juga kita kasih kuliah gratis plus dapat uang saku setiap bulan merupakan bantuan pemerintah melalui program Bidik Misi sebanyak 30 siswa. Sementara untuk siswa yang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter bisa mengikuti program Sofyan Tan Scholarship.Samapai hari ini ada sebanyak 20 mahasiswa mengikuti program ini,"jelasnya.

Kerja keras selama 32 tahun ini papar Sofyan telah menelurkan ribuan anak didik yang telah menjadi sarjana yang diharapkan bisa menjadi satu arti peningkatan perubahan hidup bagi anak-anak tersebut.(Siong)

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...