Mendikbud Kunjungi Sekolah Multi Etnis di Medan


Medan – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi sekolah pembauran Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda dalam rangka peresmian gedung sekolah dan pura pada Sabtu (7/1/2017).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Buya Syafii Maarif, anggota DPR RI yang juga pendiri Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Sofyan Tan, Sekretaris Jenderal Kemdikbud Didik Suhardi, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan undangan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy  mengatakan, yayasan pendidikan yang menerima MAARIF Award 2014 ini mempunyai ciri khas, yaitu menanilai-nilai namkan toleransi dan penghargaan dengan berpijak pada pendidikan inklusif. “Keragaman latar belakang siswanya sangat kental. Sekolah ini mencerminkan miniatur dari Indonesia,” katanya.

Pihak sekolah memfasilitasi keragaman agama untuk siswanya dengan bangunan ibadah masing-masing agama yang dibangun berdampingan di komplek sekolah. “Toleransi dan kerukunan merupakan dua hal tak terpisahkan dari budaya gotong royong,” ujar Muhadjir.

Mendikbud juga mengapresiasi prakarsa Sofyan Tan dengan merintis dan membesarkan lembaga pendidikan yang tidak mudah. Apalagi, katanya, sekolah yang dibangun atas dasar budaya gotong royong dan merangkul kemajemukan. “Membangun sekolah dari dana patungan, ini luar biasa. Sangat pantas mendapat penghargaan seperti MAARIF Award,” ungkap Muhadjir.

Buya Syafii pun didaulat untuk meresmikan pura dan disaksikan Mendikbud Muhadjir Effendy dan Gubsu HT Erry Nuradi. Pura yang baru dibuka itu diapit bangunan vihara dan masjid yang berdampingan dengan gereja.

“Sekolah yang toleran itu tunas peradaban. Toleransi inti keberadaban. Ini perlu ditegaskan disaat kita sekarang dirundung intoleransi dan kebencian, tidak hanya di Indonesia tapi juga fenomena global. Dunia pendidikan harus melek soal ancaman ini,” pungkasnya. [KM-03/KabarMedan.com]

Posting Komentar

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates