Ekskul, Tempat Bernaung Siswa Aktif




DOKTER REMAJA: Siswi yang tergabung dengan ekskul SADAR Indonesia (kanan) sedang menyaksikan teman-temannya dari ekskul dokter remaja saat praktek pada masa PLS yang diperkenalkan pada siswa baru pada masa PLS, baru-baru ini.
Analisa – Sekolah yang bagus selalu me­mi­liki banyak kegiatan esktraku­rikuler atau ekskul sebagai tempat ber­naung siswa aktif.

Di eskul inilah siswa bisa mengasah hobi atau bakatnya. Jika bakatnya di bidang olahraga, maka mereka me­milih ekskul olahraga, seperti futsal, bas­ket dan satu-satunya ekskul di SMP Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda yang tidak dimiliki sekolah lain yak­ni ekskul anggar.

Teman-teman yang hobi seni, bisa memilih eskul tari, paduan suara, dra­ma, dan kesenian lain.

Bagi yang memiliki hobi atau cita-cita biasanya memilih ekskul berkaitan impian. Ada yang ingin menjadi dok­ter, memilih bergabung di dokter remaja dan lain-lain.

Kepala SMP YP SIM, Agus Rizal menga­takan untuk mengasah anak-anak yang aktif di bidang seni, olah­raga dan lainnya maka sekolah men­dirikan 18 ekskul. “Dari 18 ekskul semua diminati anak-anak. Ada ekskul band wa­laupun anggota 10 orang tetapi ada regenerasi,” katanya.

Saat ini, katanya paling banyak ekskul yang diminati yakni Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR) yang baru dibentuk tahun 2015. Ekskul lain yakni Satgas Peserta Didik ‘Anti Narkoba’ (SADAR) Indonesia. “Kegia­tan yang digelar berupa pencegahan dan memberi informasi yang benar tentang bahaya narkoba, baik sesama siswa, maupun keluarga, dan lingkungan masyarakat,” ujar Agus Rizal.

Agar ekskul dekat dengan siswa baru, lanjut Rizal diadakan penge­nalan ekskul pada masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). “Semua eskul menunjukkan keaktifannya. Lihat, siswa sangat mengapresiasi dan kita berharap para siswa baru ikut bergabung,” ajaknya. (Analisa/Arifin)

Post a Comment

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © :: YPSIM ::.
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates