Wednesday, February 3, 2016

YPSIM Peringati Maulid Nabi Muhammad


Medan-andalas Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda dr Sofyan Tan mengatakan ada tiga hal penting yang bisa dipelajari umat melalui perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Pertama adalah salat lima waktu, agar kita selalu memiliki ketenangan jasmani dan batin karena sebagai manusia kita itu sering khilaf, pelupa, dan rakus,” kata Sofyan Tan.

Hal itu disampaikannya dalam sambutannya pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), Jalan Tengku Amir Hamzah, Pekan Sunggal, baru-baru ini.

Kedua, lanjut Sofyan Tan, Rasulullah SAW juga mengajarkan kesehatan kepada umatnya untuk melakukan puasa selama sebulan penuh serta ikut merasakan penderiataan orang lain.

“Umat muslim akan selalu sehat karena telah diajarkan oleh Rasulullah SAW melakukan puasa. Tubuh kita bisa diibaratkan seperti mobil yang bekerja selama setahun  membutuhkan waktu istirahat dan dibersihkan. Di dalam puasa kita juga diajarkan memiliki empati pada orang lain,” jelasnya.

Ketiga, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya memiliki semangat kebersamaan seperti saat Idul Adha berkurban hewan bisa dilakukan secara bersama-sama. “Mempelajari Islam secara benar berarti kita juga meneladani Rasulullah SAW secara benar,” ucap Sofyan Tan.

Sementara itu Ustaz H Ahmad Fuad Sinaga SHI MPdi dalam tausiyahnya mengatakan, rata-rata para Nabi dan Rasul saat anak-anak dan remaja tugas pertamanya adalah menggembala kambing karena hewan yang satu ini punya satu kebiasaan yang unik dibanding hewan lainnya.

“Kambing sifatnya suka melawan dan bandel. Manusia pada zaman jahiliah juga memiliki akhlak yang buruk seperti suka miras, berjudi, dan lainnya,” ungkap Fuad.

Fuad juga mengingatkan para siswa untuk mejauhi narkoba karena saat ini Sumatera Utara masuk peringkat ketiga penyalahgunaan narkoba. ”Kita minta kepada Pak Sofyan Tan agar membersihkan nama Sumut dengan menyampaikannya ke pusat agar aparat betul-betul menindak tegas para bandar narkoba,” sebutnya.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad yang berlangsung dalam susana khidmat ini dirangkai dengan pemberian santunan untuk warga miskin. (SIONG)

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...