Makna & Harapan Perayaan Deepavali 2017 Di YPSIM


YPSIM - Sebagai sekolah yang menjunjung tinggi pluralisme, Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda setiap tahun nya memperingati perayaan Deepavali atau yang biasanya disebut Diwali oleh sebagian kalangan masyarakat. Namun tahukah kamu bagaimana sejarahnya perayaan Deepavali menjadi salah satu perayaan paling meriah yang dirayakan oleh umat Hindu & apa makna dari perayaan Deepavali ?

Deepavali sendiri sebenarnya bukanlah perayaan keagamaan, melainkan perayaan budaya. Secara Spiritual, Deepavali merupakan perayaan yang dirayakan untuk menyambut kepulangan Dewa Rama setelah pulang berperang di Alengka untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Kemenangan Dewa Rama ini tidak lain merupakan simbol dari kemenangan cahaya umat Hindu atas lenyapnya kebodohan, kegelapan, kejahatan, & keputusasaan. Makna lain dalam kemenangan cahaya ini disebut pelita.

Perayaan Deepavali 2017 yang tepat jatuh pada tahun 5119 Kaliyuga ini disambut baik oleh guru-guru agama hindu dan siswa siswa YPSIM yang ber-etnis tamil, tidak terlepas bagi yang beragama Hindu maupun Buddha. Beberapa kegiatan yang sudah dipersiapkan di YPSIM dalam menyambut perayaan Deepavali antara lain seperti menghias kuil yang di dekorasi langsung oleh siswa-siswi YPSIM. Kemudian mempersiapkan beberapa tarian kolosal yang akan ditampilkan dalam acara perayaan, serta tarian trisaksi, tarian nawakali, dan pemasangan pelita.

Beberapa tokoh penting yang akan hadir dalam perayaan Deepavali di lingkungan YPSIM tahun ini antara lain dr.Sofyan Tan, kemudian beberapa tokoh hindu dari Parisada, serta ketua pembimas Hindu dari kementrian agama Hindu di Sumatera Utara.

Bu Sumitra, selaku guru agama Hindu di YPSIM juga menambahkan beberapa harapan pada perayaan Deepavali di tahun 5119 Kaliyuga ini, diantaranya agar seluruh masyarakat yang merayakan selalu memperoleh berkah, kebetruntungan, kemakmuran yang melimpah di tahun ini.

Posting Komentar

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates