Maruarar Sirait Ajak Siswa/i YPSIM Untuk Terus Jaga Pancasila


MEDAN, WOL – Seorang pemimpin harus memiliki tekad yang kuat dan bekerja dengan keyakinan. Demikian salah satu pesan politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, saat menyampaikan sambutan dalam acara kunjungan ke sekolah milik Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) di Jalan Tengku Amir Hamzah Pekan I Gang Bakul, Kecamatan Medan Sunggal, Sabtu (15/7).

“Adik-adik yang sekolah disini juga harus yakin. Sebagaimana pemimpin juga harus punya keyakinan,” ungkap Maruarar, yang disambut riuh tepuk tangan ribuan siswa sekolah ini.

Dalam kesempatan ini, selain mengajak siswa untuk terus berbakti kepada orang tua, Maruarar juga mengajak siswa untuk terus menjaga dan merawat Pancasila. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang harus hidup di tengah-tengah masyarakat.

Maruarar pun mengapresiasi Yayasan yang dirikan oleh Sofyan Tan ini. Sofyan Tan merupakan seorang dokter yang terjun ke dalam bidang pelayanan dan pengembangan masyarakat di Sumatera Utara, yang kini menjadi anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan.

Di mata Maruarar, Sofyan yang ini seorang pluralis dan Pancasilais. Bagaimana tidak, di sekolah yang didirikan Sofyan ini tidak ada kelompok mayoritas atau minoritas agar berbagai kelompok yang ada di masyarakat terwakili di sana. Jadi, murid-murid sekolah yang dikelolanya terdiri dari anak-anak Tionghoa, Melayu, Batak, India dan lain-lain.

Selain itu, di sekolah ini juga dibangun rumah ibadah dari lima agama. Yaitu pura, wihara, masjid dan gereja.

“Pak Sofyan Tan ini seorang tokoh pluralis. Bukan hanya dalam kata-kata saja, tapi juga dalam tindakan,” kata Maruarar, saat menyampaikan sambutan dalam penerimaan siswa baru yang dimulai dengan dengan doa dari 5 keyakinan agama di Indonesia.

Menurut Maruarar, sekolah-sekolah di Indonesia perlu meniru sekolah yang dibangun dan didirikan Sofyan Tan. Bila sekolah ini ditiru, maka tidak akan ada paham radikalisme yang menjangkiti kelompok remaja yang berdasarkan penelitian cukup banyak.

“Semoga sekolah ini bisa melahirkan Sofyan Tan-Sofyan Tan yang baru,” ungkap Maruarar. (wol/mrz/data1)


Sumber : waspada.co.id

Posting Komentar

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Copyright © Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM).
Designed by ODDTHEMES Shared By Way Templates