Monday, February 13, 2017

Gelar Karya 2017 Mendukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif







Medan – Gelar karya yang ditampilkan  oleh sisw-siswi SMK Yayasan Perguruan  Sultan Iskandar Muda memiliki peluang bisnis di Indonesia.  Seiring pembangunan industry kreatif dan sector pariwisata yang sedang giat-giatnya dilakukan pemerintah. Apalagi karnaval yang menampilkan sejumlah hasil karya siswa tersebut ternyata telah memberikan satu kontribusi dan kegembiraaan dalam meraih prestasi di tingkat Provinsi beberapa waktu lalu.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pembina YP Sultan Iskandar Muda, dr Sofyan Tan pada acara Bazar dan Gelar Karya 2017 SMK Sultan Iskandar Muda di Jalan T Amir Hamzah, Gang Bakul, Kecamatan Medan Sunggal,Sabtu (11/2).

Hadir juga Kompol Bambang H dari Binmas Poldasu  mewakili Kapoldasu, Ketua Yayasan YP Sultan Iskandar Muda Finche SE MPsi, Pengawas SMK Lilis, Humas Polda Sumut M Aditya Kurnia dan Putri Dessy Natalia yang juga Putri Pariwisata Sumut 2016 serta Jaka & Dara Kota Medan 2016 Habriansyah .

“Hasil karya yang ditampilkan siswa SMK pada hari ini termasuk  ekonomi kreatif bagi kami di Komisi X DPR RI.Ekonomi kreatif itu termasuk di dalamnya, tata busana, tata boga hingga Multimedia,” kata Sofyan Tan.

Sofyan Tan menambahkan, jika pembangunan pariwisata berjalan baik, tentunya ekonomi kreatif juga berkembang pesat. Melihat peluang ini SMK Sultan Iskandar Muda tak menutup kemungkinan akan  menambah jurusan (prodi) guna  mengakomodir minat  siswa dalam hal mendesain pakaian yang bertema keberagaman dan nusantara.

“Memang harus ada penambahan jurusan tata busana jika anak-anak senang mendisain pakaian.Saya juga kaget  dibalik sikap dan kelakukan siswa-siswi kita yang sopan santun  ternyata mereka punya bakat dan kreatifitas yang luar biasa,” puji Sofyan Tan.

Sofyan menyatakan, hal seperti ini yang memang diharapkan pemerintah untuk menggali dan menghasilkan devisa negara. Apalagi saat ini  kontribusi ekonomi kreatif dan pariwisata bagi penerimaaan devisa negara sangat besar.

“Saya perkirakan dalam 5 tahun kedepan, ekonomi kreatif dan pariwisata akan menduduki posisi kedua setelah pajak dalam hal penerimaan danan pembangunan negara kita.Saya katakan demikian karena minyak dan gas kita dalam 10 tahun kedepan akan habis,”ungkapnya.

Karenanya imbuh Sofyan Tan, sangat  dibutuhkan generasi muda yang kreatif dan inovatif untuk meberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pariwisata karena Indonesia memang memiliki kekayaaan alam yang sangat indah dan keberagaman yang luar biasa.

“Berulang kali saya katakan jumlah suku di Indonesia ada sekira 1.156 suku dengan jumlah hampir 546 bahasa. Ada yang mengatakan 700 bahasa ini menunjukan betapa kayanya negara Indonesia.Turis-turis yang datang tentu ingin sekali melihat secara dekat keunikan budaya kita.Inilah peluang bisnis yang harus dimanfaatkan secara baik oleh siswa kita,”harap Sofyan Tan.

Dibalik semua itu lanjut Sofyan Tan, nilai-nilai keberagaman yang ada di negara Indonesia juga harus dirawat agar bisa memberikan kesejahteraan bagi bangsa melalui kehidupan yang damai dan bersatu dengan Pancasila dan Undang Undang dasar 1945 sebagai perekat keberagaman.

Sementara itu Ketua Panitia Gelar Karya SMK, Masita Amd melaporkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan SMK Sultan Iskandar Muda untuk menampilkan hasil karya-karya terbaik para siswa sekaligus mempererat keberagaman yang ada di sekolah.

“Kami sangat bangga Bapak dr Sofyan Tan bisa hadir pada hari ini di sela kesibukannya sebagai Anggota DPR RI di Jakarta.Terimakasih juga untuk para guru dan siswa yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini,”ucap Masita.

Kepala SMK Sultan Iskandar Muda, Elly Sorta menyatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengapresiasi karya-karya siswa SMK yang dibuat sendiri agar terekspos dan diketahui pihak luar lainnya.”Hari ini ada banyak sekali karya-karya yang dihasilkan oleh siswa/i kami, baik itu dalam bentuk  pakaian, multi media maupun bazaar,” tutur Elly Sorta.(Siong)

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...