Thursday, August 4, 2016

Mrs.Yohanni Fitri Ikuti Pembekalan Instruktur Nasional





Kata Pengantar
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui program Guru Pembelajar merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik professional pada akhir tahun 2015.

Hasil UKG menunjukkan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru pasca UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan kombinasi (blended) tatap muka dengan online.

Mari kita sukseskan program Guru Pembelajar ini untuk mewujudkan Guru Mulia Karena Karya!

Latar Belakang
Program Guru Pembelajar adalah salah satu faktor penentu utama dari peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan serta peningkatan prestasi peserta didik. Pengalaman negara-negara lain menunjukan bahwa partisipasi guru dan tenaga kependidikan dalam program pengembangan kompetensi yang searah dengan kondisi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan secara signifikan. Untuk itu, PPPPTK Bahasa sebagai lembaga pengembangan dan pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan menyelenggarakan berbagai program diklat bidang bahasa dan salah satunya pelatihan Instruktur Nasional untuk membantu para guru pembelajar di kabupaten/kota.

Gambaran Umum dan Tujuan Pembekalan
Guru pembelajar adalah guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan (upgrade) diri di setiap saat dan dimanapun. Guru terus belajar dan mengembangkan diri bukan untuk pemerintah atau kepala sekolah, tapi memang sejatinya setiap pendidik atau guru adalah pembelajar. Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus-menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya. Guru pembelajar adalah guru yang senantiasa terus belajar selama dia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan.

Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan pembekalan instruktur nasional guru pembelajar bahasa Inggris ini adalah terciptanya instruktur tingkat nasional yang mampu menjadi narasumber pada kegiatan peningkatan kompetensi guru pembelajar.

Sasaran Peserta
Sasaran peserta kegiatan pembekalan instruktur nasional guru pembelajar bahasa inggris ini adalah guru pembelajar yang memenuhi persyaratan menjadi Instruktur Nasional berdasarkan hasil UKG.

Waktu dan Tempat
Pembekalan Instruktur Nasional guru pembelajar bahasa inggris ini dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal :Jum’at/ 15 Juli 2016 – Minggu/ 24 Juli 2016
Tempat : Puncak Raya Hotel- Cisarua- Bogor

Sumber dana
Dana yang diberikan untuk pelaksanaan kegiatan pembekalan Instruktur Nasional Guru Pembelajar Bahasa Inggris ini dibebankan kepada DIPA P4TK Bahasa tahun 2016.

Pola Diklat
Pembekalan instruktur nasional guru pembelajar bahasa inggris ini dilaksanakn selama 10 hari dengan menggunakan pola 100 jam pelajaran @ 45 menit.

PENUTUP

Demikianlah laporan pembekalan Instruktur Nasional ini kami laporkan.

Cisarua Bogor, Juli 2016.

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...