Wednesday, August 19, 2015

“Ayo Kerja” Memiliki Makna Mendalam Bagi Siswa


Medan – Ketua Dewan Pembina Yayasan Peruruan (YP) Sultan Iskandar Muda (SIM), dr Sofyan Tan mengatakan, sesuai  slogan “Ayo Kerja” yang menjadi tema HUT ke-70 RI pada tahun ini sesungguhnya  memiliki makna mendalam bagi siswa.Artinya jika siswa ingin hasil kerjanya maksimal maka harus memenuhi 3 syarat yaitu:kerja cerdas,kerja keras dan kerja tuntas.

“Tema ini bukan berarti siswa harus berhenti belajar lalu ramai-ramai bekerja.Arti kerja disini adalah kerja cerdas, kerja keras dan kerja tuntas,”kata Sofyan Tan saat menjadi Irup upacara HUT Kemerdekaan RI di  YP SIM,Jalan T Amir Hamzal,Medan Sunggal,Senin (17/8).

Kegiatan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI yang digelar secara sederhana  dan hikmat ini dihadiri seluruh Kepala Sekolah,Guru mulai dari tingkat TK,SD,SMP,SMA dan SMK .

Yang pertama sebut Sofyan Tan, arti kerja itu haruslah  memakai otak dengan menguasai  ilmu pengetahuan dan teknologi.Untuk menguasai kedua hal ini bisa dilakukan siswa dengan memperbanyak membaca buku di rumah maupun di perpustakaan sekolah.

”Buku adalah jendela dunia bagi kita.Sesuai hasil survei beberapa waktu lalu menyatakan minat baca orang Indonesia paling rendah,menduduki rangking  57 dari 65 negara.Rangking pertama yang rajin membaca buku adalah negara Tiongkok, kedua adalah Korea selatan.dari hasil ini 90,27 persen penduduk Indonesia lebih berminat menonton televisi, tapi yang ditonton hanya sinetron,”ucap Anggota DPR RI ini.

Angka survei ini sebut Sofyan Tan,  sangatlah ironis dan  menyedihkan sebab  akan bagaimana jadinya nasib  bangsa Indonesia kedepannya terutama  dalam hal menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi karena  yang punya minat membaca buku hanya sekira 18 persen.

“Inilah yang saya maksud dengan kerja cerdas,anak-anak kami  harus rajin membaca buku dan belajar dengan sungguh-sungguh.Saya ingin perpustakaan itu bukan sebagai tempat pajangan,tapi harus ramai dengan siswa dan guru membaca buku di dalamnya,”harap Tokoh Pendidikan ini.

Yang kedua lanjut Sofyan Tan arti,kerja keras di sini adalah siswa harus rajin dan tidak pernah putus asa meski  persoalan ekonomi menghimpit kehidupan keluarganya.”Gantungkanlah cita-cita setinggi langit.Itu yang disampaikan nenek moyang kita.Artinya jadikanlah cita-cita kamu sebagai menu utama dalam  mencapai keberhasilan yang membanggakan keluarga,masyarakat dan bangsa,”ungkap Sofyan Tan.

Yang terakhir imbuh Sofyan Tan, adalah kerja tuntas yang artinya siswa dalam mengerjakan sesuatu hal harus dilakukan hingga tuntas  seperti  siswa Paskibra yang setiap hari melakukan latihan upacara bendera hingga menuntaskan  pada perayaan HUT Kemerdekaan RI.

“Siswa Paskibara yang dipilih sudah pasti cerdas,mau kerja keras mengikuti latihan dan menuntaskannya pada hari ini,”tandas Sofyan Tan. (Siong)

Foto: Ketua Dewan Pembina YP.SIM, dr. Sofyan Tan memimpin upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70.

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...