Tuesday, August 26, 2014

HUT ke-27, YP SIM Terus Membenahi Fasilitas Sekolah


Medan-andalas Memasuki usia ke-27 tahun, Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YP SIM) terus berbenah meningkatkan kualitas maupun sarana dan prasarana pendidikan bagi para anak didiknya.

Rencananya tahun ini sekolah peraih Ma’arif Award itu akan menambah satu lantai lagi gedung berupa hall untuk tempat kegiatan olahraga, kesenian maupun tempat ujian bagi siswa.

“Siswa yang mengikuti ujian di hall ini nantinya tidak akan saling mengenal antara satu dengan lainnya. Artinya siswa yang mengikuti ujian terdiri dari berbagai tingkatan, ada SD, SMP, SMA, dan SMK. Mereka akan akan ditempatkan di dalam satu hall dengan tempat duduk yang telah kita tentukan,” kata Ketua Dewan Pembina YP SIM dr Sofyan Tan saat merayakan HUT YP SIM di Jalan T Amir Hamzah, Sunggal Pekan, Minggu (24/8).

Kegiatan HUT YP-SIM ditandai dengan peniupan lilin,  pemotongan nasi tumpeng, dan pelepasan balon ke udara ini diawali  dengan gerak jalan santai diikuti sekira 3.000 peserta.

Turut hadir, Koordinator YP SIM Drs Sarmulia Sinaga, Ketua YP SIM Finche SE MPSi, Tracey Yani Harjatanaya MA (Cantab) MSc (Oxon) serta sejumlah donatur anak asuh.

Sofyan Tan menambahkan, sistem ujian seperti ini diterapkan  agar generasi penerus yang diciptakan YP SIM betul-betul memiliki kualitas yang baik termasuk pencegahan secara dini terhadap  terjadinya permainan curang saat ujian.

“Jika sejak awal sudah bermain curang, maka saat jadi calon presiden pun tetap akan bermain curang. Sudah kalah tetap tidak mau ngaku kalah. Untuk itu, siswa yang dipersiapkan YP SIM harus selalu penuh dengan kejujuran. Yayasan ini memiliki pandangan yang jauh pada lima tahun ke depan,” ucap Sofyan Tan.

Selain itu, lanjut Sofyan Tan, YP SIM didirikan untuk mengajarkan anak bangsa agar tumbuh besar tidak membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) karena negara Indonesia dibangun dengan Pancasila, bhinneka tunggal ika, dan UUD 1945.

“Keempat fondasi inilah yang menjamin keutuhan NKRI. Negara kita tidak boleh terpecah-belah seperti Uni Sovyet yang terpecah menjadi puluhan negara. Indonesia harus tetap utuh dari Sabang sampai Merauke. Anak-anak YP SIM harus menjadi patriot generasi mendatang untuk merekatkan dan mendamaikan orang-orang yang ingin memisahkan diri dari republik tercinta ini,” tandas Anggota DPR RI terpilih ini.

Di hadapan para tamu undangan, Sofyan Tan juga menjelaskan, selama 27 tahun jumlah anak asuh YP SIM yang rata-rata setiap tahunnya mencapai seratusan siswa itu kini telah mencapai 2.676 siswa.

“Khusus tahun ini jumlah anak asuh paling banyak atau 255 orang. Kalau orang tua asuh di sini tidak banyak, hanya 14 orang karena sebagian besar anak asuh dibiayai yayasan,” jelasnya.

Sejak berdirinya sekolah ini, besaran subsidi uang yang telah dikeluarkan yayasan untuk 2.676 anak asuh mencapai Rp.9 miliar lebih, belum termasuk anak guru, pegawai, dan pemotongan uang sekolah.

“Untuk tahun ini jumlah anak asuh meningkat pesat, jumlah subsidi yang diberikan mencapai Rp1,8 miliar lebih. Jika ditotal hingga tahun ini maka dana subsidi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu itu mencapai Rp11 miliar lebih ,” ungkap suami Elinar ini.

Sejak tahun lalu pihaknya juga merasakan banyak sekali siswa YP SIM memiliki prestasi baik yang harus didukung agar kelak bisa meraih cita-citanya. Atas prakarsa ini YP SIM mendirikan satu lembaga tersendiri yaitu Sofyan Tan Scholarship. ”Lembaga ini hanya memberikan subsidi kepada siswa melalui tahapan seleksi sangat ketat,” sebut Sofyan Tan.

Kegiatan HUT YP SIM yang menyediakan hadiah utama sepeda motor dan berbagai hadiah lainnya ini dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah guru yang telah mengabdi selama 5-20 tahun serta pemberian surat keputusan anak asuh.(Siong)


Sumber foto dan berita: Harian Andalas

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...