Saturday, July 19, 2014

YPSIM Gelar Buka Bersama Orang Tua & Warga Kurang Mampu


Sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada sesama khususnya kepada warga kurang beruntung di bulan Ramadhan, Yayasan Perguruan (YP) Sultan Iskandar Muda, Jalan T Amir Hamzah, Gang Bakul Medan Sunggal, menggelar acara buka puasa bersama sekaligus membagikan ratusan paket bantuan kepada warga sekitar dan dan anak asuh khususnya umat Muslim,baru-baru ini.

Saat menyampaikan sambutannya,Ketua Dewan Pembina YP Sultan Iskandar Muda,Dr Sofyan Tan dihadapan para siswa  mengisahkan  sebuah cerita  tentang keberadaan seorang pelukis yang membuat satu lukisan yang menurut diri sang pelukis  sangat cantik.Lalu sang pelukis pun ingin mencari masukan tentang lukisannya  itu dari orang lain  selama 5 hari.

“Dengan meletakan lukisannya dipinggir jalan yang ramai dilalui orang, di bawah lukisan sang pelukis menulis kepada bapak dan ibu yang merasa bahwa lukisan ini masih ada kekurangan dan  kesalahannya silahkan berikan tanda kali dengan menggunakan pulpen,”kata Sofyan Tan di Pendopo YP Sultan Iskandar Muda.

Selanjutnya imbuh Sofyan Tan, pada hari ke 5 sang pelukispun datang untuk mengambil lukisannya, hasilnya  ternyata dalam lukisannya itu  banyak contrengan tanda kali plus kalimat  kritikan diberikan oleh  orang-orang.

“Hati sang pelukis merasa sedih dan patah semangat,lalu dia menemui gurunya untuk menyampaikan hal ini,”imbuh Sofyan Tan.

Lalu kata Sofyan Tan, sang guru menyarankan muridnya itu untuk meletakan lagi lukisan di tempat yang sama dengan tulisan yang berbeda  dengan kalimat silahkan melakukan koreksi dimana menurut bapak dan ibu terdapat kekurangan terhadap lukisan ini.

“ Beberapa hari sang pelukis datang untuk mengambil lukisannya lagi,ternyata didalam lukisan itu tidak ada coretan dan kritikan lagi,”tutur Sofyan Tan.
Dari kisah tersebut,lanjut Sofyan Tan,para siswa bisa mengambil pelajaran bahwa menjadi orang itu harus rendah hati,siap dikritik dan tidak sombong,”Memerintah seseorang dengan memohon sangat berbeda jauh meski pun dalam bentuk tulisan,”ujarnya.

Jika cerita ini dikaitkan dengan puasa ucap Sofyan Tan, ibadah puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, namun lebih jauh dari itu ibadah puasa bisa dijadikan sarana melakukan instropeksi diri dengan bertanya pada diri sendiri apakah selama  ini kita telah berbuat yang benar.
Sofyan Tan yang datang bersama istri dan putra sulungnya ini menambahkan,menjadi orang benar  berbeda dengan menjadi  orang baik.Untuk itu dia mencontohkan jika seseorang kerap membagi-bagikan uang maka sejumlah orang pasti mengatakan orang tersebut baik.

“Jika uang yang dibagikan itu merupakan hasil  jerih payah kerja keras maka orang tersebut tersebut selain baik juga benar.Tapi jika uang yang dibagikan merupakan hasil korupsi maka hal itu tidak benar karena orang yang membagikan uang itu telah mengambil hak yang bukan miliknya,”ucap Sofyan Tan.

Bulan puasa lanjut Sofyan Tan juga merupakan uji mental bagi seseorang apakah memiliki mental kaya atau miskin.Jika memiliki mental miskin maka dia tidak menganggap bahwa puasa merupakan sarana untuk mempelajari dirinya sendiri apakah sudah bekerja keras selama ini.

“Dalam bulan puasa ada juga orang yang berpikiran kesematan untuk meminta pada orang lain, maka tidak heran jika bulan puasa akan banyak proposal yang masuk,”imbuhnya.
Sedangkan bagi keluarga mampu, bulan puasa merupakan kesempatan bagi mereka untuk ikut merasakan penderitaan orang-orang yang serba kekurangan secara ekonomi yang hanya bisa makan sekali dalam sehari.

“Jika orang kaya bisa ikut  merasakan penderitaan keluarga kurang mampu  maka pasti akan  berpikir ternyata  jadi orang miskin itu sangat tidak enak.Dari sini maka akan timbul pelajaran bagaimana jika memiliki uang harus berbagi  rejeki untuk orang lain,”imbuhnya.
Kegiatan acara buka puasa yang menghadirkan  Al Ustadz H Ahmad Fuad Sinaga  SHI S Pdi  untuk menyampaikan siraman rohani ini juga dihadiri, Penasehat dan  Ketua YP Sultan Iskandar Muda, HM Soetarjo,Finche SE MPsi dan orangtua siswa

Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda

Official Website & Information Portal

Seluruh informasi disusun oleh tim penulis dan ditinjau oleh editor. Apabila terdapat kesalahan informasi mengenai isi informasi, mohon kirimkan info ralat anda ke ke WA 082362684342. Terima Kasih :)

0 comments:

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...

Bagaimana tanggapanmu ?.. yuk tulis disini...